Selasa, 27 Mei 2014

backpackeran hari pertama di Kualalumpur

Haloo bagi yang ingin berwisata ke Kuala Lumpur - Malaysia... saya akan berbagi cerita selama saya berwisata ke sana. Perjalanan kali ini saya bersama ibu, suami dan temanku. kami berwisata selama 5 hari 4 malam. mulai tgl 10 januari 2013 - 14 januari 2013. 


24 Januari 2013  (Hari 1)
tepatnya di tanggal 24 januari 2013..menggunakan pesawat Air Asia (low price), saya bersama suami, ibu dan teman saya...Kebetulan ada tiket murah dari AirAsia, untuk Surabaya - Kualalumpur - Surabaya PP harga 402.000 /orang. Kami berangkat dari "Bandara Juanda Surabaya" menuju ke LCCT malaysia...pada pukul 09.20 - 12.50. minimal 2 jam sebelum keberangkatan kami sudah standby di bandara...karena adanya beberapa proses yang harus dilakukan antara lain : pengisian kartu imigrasi, pintu imigrasi, cek barang-barang. Tetapi setelah itu lolos langsung kita masuk ke waiting room untuk menanti pesawat kami.
Terus terang ini pengalaman pertama kami untuk ke kualalumpur, walau sebelumnya pernah ke Korea, bangkok.
Tak menempuh waktu lama hanya sekitar 2.5 jam di dalam pesawat, pramugari sudah memberi himbauan bahwa penerbangan akan segera berakhir... para penumpang di minta untuk bersiap melakukan pendaratan...

Setibanya di Bandara LCCT ( Low cost carier Terminal ) , bandara khusus untuk pesawat Air Asia... dan seperti cerita diatas ini pertama kalinya , saya , suami, ibu dan teman menginjak negri jiran... hanya bermodalkan baca baca blog, dan semua hanya berdasarkan melihat internet.... setiba di bandara langsung ke lantai 2 ke bagian cek imigrasi ", walaupun tidak musim liburan waktu itu, tetapi antriannya lumayan banyak. antri selama 1,5 jam selesai ambil tas di bagian bagasi dan keluar dari bandara.
Saran saya jangan menggunakan sembarang taksi yang menunggu di bagian depan bandara tetapi gunakan taksi yg benar - benar memang dr bandara ( beli ticket di dalam ). tetapi saya dan rombongan memutuskan menggunakan Skybus rute LCCT - KL sentral...harga sangat terjangkau ( sekitar 9 ringgit atw sekitar 27 ribu / orang ). Tapi di bandara tidak hanya ada Skybus saja, ada Aerobus, dll, terserah mau naik yang mana. berhubung kami naik Air Asia dan Skybus itu berlabel Air Asia ya kami naik itu.

Perjalanan berlangsung kira-kira 1 jam dan bis pun berhenti di semacam terowongan kecil. Karena setelah berhenti di terowongan itu untuk menuju KL monorail, saya belum menemukan informasi di internet. Maka action sok teu....ketika melihat banyak rombongan orang menuju ke eskalator ke atas, saya pun mengambil kesimpulan semena-mena, pasti monorailnya diatas tuh. 
Ealah, setiba diatas…ada sebuah papan petunjuk kecil, menunjuk kebawah (tempat sebelumnya, ketika turun dari bis tadi) yang bertuliskan KL monorail. Akhirnya kami turun lagi ke tempat kami turun dari bis pertama kali. Rupanya begitu turun bis, kami jalan sedikit menuju jalan raya (semacam jalan berpagar yang disediakan untuk penumpang menuju KL monorail),…setelah itu kami menemukan perempatan jalan raya, akhirnya kami bertanya ke orang pekerja disitu. mereka menunjukkan arah untuk menyeberang dan ikuti jalan ke kanan, ada tulisannya monorail. Jangan khawatir dikibulin seperti yang sering terjadi di Indonesia pada orang desa yang baru ke kota. Orang-orang disini baik, mau menunjukkan arah secara detail.
Akhirnya kami menemukan KL monorailnya. dan kami lihat peta dahulu menuju ke mana...kami melihat peta yang di tempel di kaca loket. Tujuan kami adalah Bukit Bintang (pusatnya Kuala lumpur). karena kebetulan hotel yang sudah kami pesan berlokasi di Bukit Bintang. Sebagai info saja, kalau taxi dari KL Sentral sekitar RM 25 (sekitar 75.000) saat kami tanya, coba bandingkan dengan naik monorail, saya hanya perlu keluar uang RM 8.4 (sekitar 25.200), untuk semua orang (4 orang dewasa). Lumayan hemat kan, selisihnya kan bisa dipake buat makan atau beli keperluan yang lain. hehehheehee....Koin rapid KL itu digunakan untuk ditempelkan di gate untuk supaya kita bisa melewati pintu masuk menuju monorailnya. dan kalau keluar station baru dimasukkan ke lubang untuk membuka gate keluar.

Setelah itu kami naik monorail yang bersih dan lapang. Berhenti di Bukit Bintang, di terminal 6. Cepat, gak bau, bersih, murah lagi..penting nih buat backpackeran seperti kami. Kemudian berhenti di bukit bintang…sudah sampe? Belum, dari monorail turun lalu berjalan gak begitu jauh. Banyak papan petunjuk di sekitar sini dan banyak polis dan security di daerah ini, dan lebih banyak lagi turis. Saatnya kami mencari hotel yang sudah kami pesan sebelumnya melalui Agoda.com. tetapi kami kebingungan karena itu termasuk hotel baru dan banyak orang tidak tahu keberadaannya, untuk no HP temen kami bisa dibuat telp walau roaming, telp ke hotel dan minta petunjuk arah hotel. akhirnya kami menemukannya. lokasi hotelnya tepat di depan BB-Park. Nama hotel kami T-Hotel, kami dapat tarif menginap Rp. 795.000/orang (4 malam)..Hotelnya berjarak 10-15 menit dari KL monorail Bukit Bintang, berhadapan dengan mall BB-Park,Low yet plaza , pavillon dll, banyak berjualan makan sekitar situ dan murah-murah, hotelnya bersih (karena masih baru) heheheee. Bukit Bintang ini area pusatnya turis, kalo kata orang-orang sih Orchad Roadnya Singapore, Legiannya Bali. Untuk pertama kali masuk, selalu diminta deposit RM 100 (tetapi waktu check-out akan dikembalikan), lumayan nabung...hehehhehehehee...

         Kami sampai di hotel sudah jam 15.00 (waktu kualalumpur), Setelah kami masuk kamar masing-masing, langsung kami berbenah barang-barang bawaan. kemudian kita mandi dulu, lalu keluar untuk cari makan malam dan menikmati suasana sekitar daerah Bukit Bintang. Lokasi T-Hotel memang enak sekali, sebelah kiri setelah pintu keluar hotel selisih 2 rumah dari hotel ada restaurant "Nasi ayam Chee Meng Hainan Bukit Bintang", tapi pelayannya rata-rata orang indonesia semua, dan pasti Halal. Porsi lumayan banyak, jadi kami pesan 4 nasi dan 2 macam lauk pauk (ayam kung pao dan tahu asam manis). Total makan malam kami : RM 24 (sekitar 72.000) untuk 4 orang. Setelah perut kenyang, kami berjalan-jalan sekitar Bukit Bintang. kami menyebrang ke BB-park, Pavillon, Sephora, dan pertunjukkan di area depan mall. Sebelum masuk hotel kami mampir sevel (7-eleven) untuk membeli mie dan minum (ransum kalau lapar di malam hari). total belanja di sevel : RM 17. Setelah capek berkeliling, dan jam menunjukkan jam 21.00, kami juga capek karena perjalanan dari surabaya ke kualalumpur, apalagi kami masih perlu tenaga untuk hari-hari berikutnya. maka kami pun balik ke hotel dan istirahat deh....


 Total pengeluaran hari pertama : RM 51 (sekitar 153.000) untuk 2 orang.
Sampai ketemu di hari kedua ya.....


         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar