Selasa, 27 Mei 2014

PERJALANAN ALA BACKPACKER KE SINGAPORE

Pada bulan Januari 2014, saya mencoba petualangan baru menuju Singapore, dan ini perjalanan pertama saya. saya mencoba dengan uang 600 SGD untuk 2 orang yang saya gunakan untuk bertahan selama 4 hari 3 malam di negeri singa ini. dan hasilnya lebih dari cukup. kali ini saya backpacker bersama suami dan sahabat saya. berikut perjalanan backpacker saya ke daerah Marina bay, Bugis, Chinatown, Clarke Quay, Sentosa Island, Japanese Garden dan Cathedral St. Andrew.

23 Januari 2014
Berhubung saya naik pesawat tiger airways promo, harga tiket waktu itu PP 887.000/orang, dengan penerbangan pukul 07.30 jadi saya harus subuh-subuh bangun dan berangkat menuju bandara Juanda. Perjalanan Surabaya-Singapore ditempuh dengan waktu kurang lebih 2 setengah jam. Cukup singkat. Tak terasa kami sudah mau mendarat. Dan disambut dengan pemandangan kapal-kapal di laut dan begitu banyak gedung-gedung tinggi. Wow luar biasa...
setelah pesawat mendarat, sasaran pertama kami adalah peta MRT dan peta lokasi wisata.
Karena kami sebisa mungkin di Singapore tidak akan naik Taxi untuk menuju ke obyek wisata. Lalu kami menuju ke lantai bawah untuk naik MRT. Setiba di bawah sebelum naik MRT harus membeli kartu EZ link, kartu itu dapat kita pakai jika selama di Singapore kita berkeliling dengan menggunakan MRT. Jika isi kartu habis tinggal kita top-up saja (minimal 10 SGD). Berhubung saya awal januari sempat transit di Singapore, saya membeli kartu EZ-link sehingga kali ini saya tidak perlu membeli kartu EZ-link lagi. Suami saya sudah saya pinjamkan kartu EZ-link teman saya yang tidak ikut ke Singapore. Masa berlaku EZ-link 5 tahun dan bisa dipindahtangankan. Berhubung sahabat saya tidak ada pinjaman kartu EZ-link, maka dia harus membeli kartu itu. Kartu EZ-link itu bermanfaat sekali jika kita berpergiaan ala backpackeran, bisa untuk membayar MRT, bis, atau saat kita menuju sentosa island. Harga kartu EZ-link 12 SGD, harga kartu 5 SGD dan isinya 7 SGD. Untuk berkeliling Singapore selama 4 hari 3 malam cukup dengan men-Top Up sebesar 20 SGD, itu pun masih bisa di refund. Tetapi kalau kartu EZ-link di refund. Maka kartu akan ditarik oleh mesin. Tetapi kalau suatu saat nanti akan kembali ke Singapore lagi maka disarankan tidak usah di refund

Tak lama MRT telah datang dan dari Changi Airport kami harus menuju Tanah Merah Station (lupa foto stationnya jadi ambil dari internet deh), sebab kita harus oper MRT yang menuju Joo koon Station.
Berhubung kami sudah memesan hostel melalui agoda.com, agar lebih murah perjalanan kami. Hostel kami letaknya di Chinatown, maka kami turun di Outram Park Station, setelah itu kami naik MRT yang mengarah ke Punggol Station, tetapi kami turun di Chinatown Station exit to Upper cross street. karena pintu keluar banyak. berhubung hostel kami berada di jalan upper cross street jadi kami keluar dari situ.
 Hostel kami ini terletak 10 menit dari MRT Chinatown Station, karena kami sebelumnya tidak tahu keberadaan hostel ini maka kami tersesat. Akhirnya kami menemukannya, kami memilih Pillows and Toast Heritage dengan harga : 297.000/malam dan kami memilih yang type family room isi 2 ranjang susun, AC, bersih, nyaman banget, wifi, sarapan, pelayan hostelnya ramah banget. Walaupun sarapannya hanya roti, selai, kopi, teh dan disediakan toaster, cukup untuk mengganjal perut kami.
Family room 4 bed
Pintu masuk Pillow & Toast Heritage (kiri) dan Ruang makan (kanan)
Setelah kami check-in, mandi dan meletakkan barang bawaan kami langsung kami melihat lokasi sekitar dan mencari makan siang. Setelah berkeliling ga jelas mencari tempat makan. Akhirnya menemukan tempat makan, aku dan suamiku saja yang memesan nasi goreng, mie goreng, sahabatku minum saja total makan siang 18 SGD. Entah murah atau mahal karena kami benar-benar lapar waktu itu. Dalam perjalanan kami haus langsung kami beli ice lemon 1.50 SGD.
Setelah kenyang barulah kami menuju ke Budha Tooth Relic Temple Singapore di daerah Chinatown juga. Wajib dikunjungi…keren banget…kuil dan museum budha serta ada restaurant vegetarian (gratis katanya) terdiri dari 5 lantai…(kalau tidak salah hitung)…hehehhehe…
Setelah kami dari Budha Tooth Relic Temple, kami ingin mencari lokasi Chinatown Herritage Center, dan kami menemukan Sri Mariamman temple tetapi kami tidak singgah disitu karena model bangunannya sama persis dengan Sri Mariamman temple yang di Kuala lumpur. Untuk menghemat waktu kami langsung menuju Chinatown Herritage Center (CHC) putar terus Chinatown sampai 2 kali tapi tidak ketemu. Ternyata lokasi CHC berada di belakang Budha Tooth Relic Temple tadi, dan sudah kami lewati tapi tidak ketemu terus…Setelah ketemu lokasinya, ternyata masuknya membayar 10 SGD tetapi karena sahabat saya tidak mau masuk. Akhirnya saya dan suami juga tidak enak kalau tinggalin sahabat saya itu. Akhirnya tidak jadi masuk dehhhh….:(

Sri mariamman Temple (kiri) dan Chinatown Heritage Center (kanan)
Kami memutuskan untuk berkeliling di Night Market Chinatown yang menjual beraneka barang, apalagi waktu kami ke sana, di saat mau hari raya Imlek. Sehingga daerah Chinatown banyak banget menjual aksesoris Imlek dan murah. Cheongsam banyak dijual di Night market Chinatown ini, murah-murah juga...bagus warna dan modelnya..Kami belanja untuk oleh2 di hari pertama deh akhirnya…habisnya sahabat saya tidak mau masuk CHC. Hari sudah malam, kami mencari tempat makan, karena perut kami sudah keroncongan. Kami mencari 7eleven andalan kami yang sedia nasi + lauk yang di steam, dan kami makan di hostel. Total makan malam kami murah meriah dehhh : 8.50 SGD (3 orang).
Hari pertama berakhir dan saatnya kita mengisi energi untuk hari kedua…

24 Januari 2014
Hostel kami menyediakan roti, selai, kopi dan teh…setelah mandi kami sarapan dan langsung siap untuk berangkat. Hari kedua ini kami berencana menuju Sentosa Island. Kita menuju ke Chinatown Station dan naik MRT yang menuju ke HarbourFront Station (terletak di bawah Vivo City Mall), pusat perbelanjaaan yang lokasinya berseberangan dengan Pulau Sentosa. Menuju pulau Sentosa dari Vivo City Mall dengan naik monorel Sentosa yang stasiunnya terletak di Lantai 3 Vivocity. Untuk naik monorel dan masuk Sentosa kita harus membeli kartu untuk perjalanan PP kartu mirip kayak EZ-link. Tetapi harganya 4 SGD yang bisa dipakai untuk 4 station (Sentosa di Vivo City Mall, Waterfront, Imbiah Station, dan Beach Siloso).
Petunjuk Sentosa Express (monorail)
Sentosa Station dan Mesin tiket monorel Sentosa
Tujuan kami sebenernya Universal Studio Singapore, tetapi karena kami sampai di Vivo City Mall masih terbilang agak pagi jam 08.00, dan USS belum buka. Maka kami bersepakat menjelajah Station yang ada di Sentosa Island ini. Kami mulai dari yang paling ujung yaitu Siloso Beach, berhubung kami tiba disitu pagi maka tidak dapat menikmati pertunjukkan Song of the Sea (10 SGD). Kami hanya menikmati pantai Siloso yang bersih dan sekelilingnya yang keren….Sebelum kami berpindah lokasi, perut kami keroncongan karena pagi Cuma sarapan roti saja. Untungnya di Siloso Beach ada 7eleven dan kami tertarik membeli big Hot dog 1.50 SGD. Bener-bener kenyang….mantap!!!
Setelah puas foto-foto, menikmati pemandangan pantai dan makan big hot dog kami langsung menuju ke Imbiah Station, untuk menjumpai Big Merlion (patung singa raksasa khas kota Singapore dimana kita dapat masuk ke dalamnya) dengan membayar 12 SGD. Kita dapat foto di mulut Merlion, asal usul Merlion, dan koin keberuntungan yang dimasukkan ke dalam mulut Merlion untuk ditukar dengan souvenir. Sekali lagi sahabatku tidak mau ikut masuk, tapi saya tidak mau membuang kesempatan ini lagi. Akhirnya saya dan suami masuk. Setelah kami keluar, kami kehilangan keberadaan sahabatku itu. Sampai perutku dan suamiku keroncongan lagi, waktunya makan siang. Menengok sedikit kami melihat 7eleven lagi…thanx GOD…bisa menghemat banget…wkwkwkkwkwkwkkk….disitu menjual nasi + lauk steam, kami berdua memilih nasi rendang. Total : 7.8 SGD (2 orang).   Setelah kami kenyang, sahabat kami juga tidak muncul. Kita tidak bisa berkomunikasi karena kami tidak ada yang buka layanan roaming dan tidak beli SingTel (simcard Singapore). Pertama karena mahal, kedua karena kami ingin menikmati liburan ini tanpa gangguan pekerjaan. Hehehhehehheee….
Setelah bertemu dengan sahabatku lagi, kami langsung menuju ke tujuan kami yaitu USS, berhubung kami
sudah membeli tiket USS di Indonesia melalui travel agent seharga 66 SGD. Maka kami tidak perlu mengantri dan langsung scan barcode tiket USS. Kami sarankan untuk membeli tiket USS langsung di Indonesia, karena kalau langsung beli di USS harga 75 SGD dan mengantri panjang. Tetapi kalau bagi kalian yang hanya ingin berfoto di bola dunia USS saja Gratis, karena area bola dunia ini terletak di luar area wahana-wahana. Satu lokasi dengan globe USS itu terdapat took permen yang lumayan besar dan desain yang unik yaitu Candylicious….aneka macam permen…

Pada saat sore ada pertunjukkan dance ya semacam breakdance terdiri dari 5 orang cowok kece-kece…dan kadang mereka mengajak beberapa penonton untuk dance bersama mereka dan mereka membuka sesi foto bersama. Ya udah deh kami juga ikutan…hehehhehehee…free lho…

Setelah kami puas bermain di USS kami menuju ke Bugis Junction, karena kami mendapat info kalau di Bugis Street night marketnya harga barang yang dijual murah-murah dan banyak macamnya. Tetapi waktu kami tiba disana Bugis Street masih sepi, atau salah lokasi? Entahlah…akhirnya kami ke Bugis Food Court untuk menghantarkan sahabat kami mencari makan. Menu di situ ala min harga standard murah jika dilihat dengan porsi yang banyak.
  Setelah sahabatku kenyang kami, langsung menuju ke Little India (Mustafa Center), katanya sehh jual barang-barang murah dan banyak pilihan. Setelah sampai lokasi ya emang bener sehh kayak tanah abang Jakarta atau Pasar Turi kalau di Surabaya. Terdiri dari beberapa lantai yang terdiri dari barang elektronik, baju, alat rumah tangga, dll. Yang bisa saja murah, atau malah sama saja harganya. Tempatnya sumpek…sehingga setelah sahabatku dapat baju dan jaket. Langsung deh kita cabut….lapar sekali rasanya…kita kembali ke Chinatown dan membeli mie cup untuk menu makan malam kami di 7eleven, total 5.95 (3 orang). Setelah itu kita kembali ke hostel dan menyedup mie cup kami, kemudian mandi dan beristirahat….sampai ketemu di hari ketiga kami…

25 Januari 2014
Hari ketiga ini, kami manfaatkan untuk lokasi yang jadi ala  khas Singapore yang keren. Seperti hari kedua, setelah sarapan roti dan minum teh kami langsung melangkahkan kaki menuju Chinatown Station. Untuk menuju lokasi pertama kami yaitu Chinesse dan Japanesse Garden. Untuk menuju kesana, kami naik MRT yang kearah HarbourFront tetapi kami turun di Outram Park. Setelah itu kami mencari MRT yang kearah Joo Koon, tetapi kami turun di Chinesse Garden Station. Lokasi Chinesse dan Japanesse Garden berada di sebelah Station. Walaupun sebelah Station, pintu gerbangnya harus kita tempuh dengan berjalan kaki 10-15 menit. Dari kejauhan pagoda 7 tingkat khas Chinesse sudah terlihat. Sebelum kami melakukan perjalanan mengelilingi Chinesse and Japanesse Garden, seperti biasa kami mengisi perut dulu. Dekat pintu keluar Chinesse Garden Station terdapat tempat makan, tapi kalau di Indonesia semacam warung menjual masakan Indonesia dan semacam hoka-hoka bento. Harga murah lhoo Cuma 2.50 SGD /orang. Kami memesan nasi chicken saus teriyaki dan saus blackpaper. Porsi nasi cukup banyak. Nama tempat makan itu : “Ananas Café

Chinesse and Japanesse Garden yang luas banget ini, bener-bener keren banget…seakan-akan kita sedang berada di Chinesse atau Jepang. Banyak dijumpai ornament dan model bangunan Chinesse dan Jepang. Pagoda 7 tingkat, tanaman bonsai, pagoda kembar, taman bamboo, patung Confucius, Tea house dan museum penyu (untuk masuknya harus membayar 5 SGD). Kita dapat masuk ke dalam pagoda 7 tingkat itu, tetapi sayangnya kami tidak naik ke pagoda 7 tingkat itu karena kita harus menghemat tenaga untuk perjalanan kami selanjutnya. Akhirnya kita Cuma foto-foto aja di depan pagoda saja. Sebelum kami meninggal lokasi ini, kami kembali ke “Ananas Café” lagi, untuk membeli nasi + telor mata sapi + mie di bungkus untuk dibawa dalam perjalanan ke tujuan berikutnya…mumpung murah…hehehehee…Total makan siang : 7.10 SGD (3 orang)

Setelah kami puas berkeliling di taman yang bernuansa Chinesse dan Japanesse, kita langsung menuju pusat jujukan para turis jika ke Singapore. Kami langsung menuju ke Merlion Park, Esplanade, Marina Bay Sands, Clarke Quay, dan Cathedral St. Andrews. Semua lokasi itu berada dalam 1 kawasan…Dari Chinesse Garden Station kami menuju ke Raffles Place dengan naik MRT arah Pasir Ris. Setelah kami tiba di Raffles Place Station, kaki kami arahkan menuju Merlion Park (Patung Singa). Karena kami salah pilih pintu exit dari Raffles Place, sehingga kami menyelusuri sungai di kawasan Clarke Quay. Saya juga menemukan patung 5 bocah kecil yang sedang loncat ke sungai…foto dulu ahhh….
 Foto sana sini, akhirnya kita menemukan lokasi Merlion Park yang pada waktu itu ruameee banget…banyak dijumpai orang Indonesia. Hehhehehheee….kami juga menemukan gedung durian yang biasa kita kenal dengan Esplanade, tapi waktu itu kami tidak masuk ke gedung itu. Sebelum langkah kita lanjutkan, kami membuka makanan kami yang tadi dibeli sewaktu di “Ananas Café”.

Setelah kenyang kami melanjutkan lagi perjalanan kami ke Marina Bay Sands. Masuk ke mall itu kemudian ke gedung louis vuitton, terus keluar-keluar nemu jembatan keren…biasa disebut jembatan HELIX.

Jembatan Helix dan Louis Vuitton
Kami pingin menuju Garden By the Bay, kami pikir bisa ditempuh dengan melalui jembatan helix ini. Tetapi setelah kita lihat jembatan ini panjang banget…kita mengurungkan niat kita. Tetapi setelah kami memutar kepala kita, ternyata Garden By the Bay itu berada di sebelah MBS tetapi entah bagaimana menempuhnya kesana. Tetapi Garden By the Bay dapat ditempuh melalui dalam MBS mall. Dalam mall ada petunjuknya mau ke Marina By Sands atau Garden By the Bay. Waktu itu kami memilih ke MBS berharap ketemu dengan kolam renang yang diatas gedung itu, ternyata tidak ketemu…Tetapi dari jembatan Helix itu kami melihat Garden By the Bay dan Singapore Flyer. Mungkin next trip ke Singapore lagi aja baru ke sana.

Setelah itu kami mencari Cathedral St. Andrews, karena kami menjadi kebiasaan kalau tiap perjalanan kami selalu menemukan Cathedral untuk melihat bangunannya tiap ala m. MBS kami kembali ala mi City Hall, letaknya tidak jauh dari situ. Kami beristirahat sejenak di situ, dan di cathedral itu ada kran air minum tapi airnya dingin. Wah…asyikk…akhirnya botol minum kami isi ulang deh…(saran bagi yang ingin backpackeran ke Singapore usahakan bawa botol minum dari Indonesia, sebab dapat lebih mengirit). Setelah tenaga kami mulai terkumpul lagi, barulah kami menuju ke City hall Station. Ternyata City Hall Station berada berdekatan dengan cathedral St. Andrews.

Cathedral St. Andrews
Hari sudah mulai gelap kami menuju ke Orchard Station. Setibanya kami di Orchard Station, mulainya kami menjelajah disepanjang jalan Orchard Road bangunan yang keren, dan ada toko yang menjual souvenir murah…mulai dari hiasan rumah, tas, parfum, sampai gantungan kunci juga ada. Shopping Time!!!! Foto-foto juga tak lupa pastinya…karena haus banget, kami mencari penjual Uncle Ice Cream (1 SGD), ahhh seger banget….
                                Orchard Road                                      Uncle Ice Cream
Malam telah tiba, kami langsung menuju ke Chinatown untuk mencari makan malam sebelum kembali ke hostel. Berhubung ala mini adalah malam terakhir kami di Singapore, maka kami bermaksud untuk memilih menu makan malam agak sedikit mewah, coz masih ada simpanan SGD. Akhirnya, kami menemukan restaurant chinesse porsinya banyak banget…Ohhh…my GOD…pelayannya tidak dapat berbahasa inggris…akhirnya bahasa tarzan kami pakai. Apalagi pelayannya jutek banget…Kami pesan 2 macam menu (sup telur tomat + B…I bakar---masakan tidak halal) + 3 nasi putih. Untung kita tidak memesan 1 menu untuk masing-masing orang, total makan malam kita kali ini terbilang standard 15.60 SGD (untuk 3 orang). Karena keterbatasan bahasa akhirnya ada kesalahan, kami pesan 1 porsi tetapi dikasih 2 porsi. Untung si manager yang agak sedikit mengerti bahasa inggris keluar, dan ia tidak masalah akan hal itu. Setelah kenyang kami pun kembali ke hostel, mandi, packing dan tidur…..

26 Januari 2014
Hari ke-empat ini kami tidak gunakan untuk jalan-jalan lagi karena jam 10.25 pesawat kami take off. Maka kami spare waktu untuk sarapan, check-out dan langsung ke Changi Airport. Kami membawa tas yang sudah beranakpinak karena oleh-oleh yang banyak, menuju Chinatown Station. Kami menaiki MRT menuju Outram Park, kemudian kami pindah MRT yang tujuan ke Tanah Merah Station, lalu oper MRT yang arah Changi Airport….Tibalah kami di Changi airport…dan kami gunakan untuk foto-foto dan pijat refleksi di Changi. Kami juga sempat sarapan bihun kuah + meatball di bandara Changi. Total sarapan kami di bandara : 5.90 (3 orang). Boarding pun tiba, dan selamat tinggal Singapore and I’m coming Surabaya….

Total pengeluaran untuk 2 orang : (kurs waktu itu 1 SGD : Rp. 9.200)